Langsung ke konten utama

1. bentuk - bentuk input dan output pada pemrograman objek (java)


A. Buffered Reader
BufferedReader merupakan salah satu kelas (class) pada Bahasa pemrograman Java milik package java.io yang digunakan untuk mendapatkan input dari keyboard sesuai dengan yang diinputkan oleh user. Untuk menggunakan kelas ini harus dilakukan instansiasi (instance) agar kelas BufferedReader dapat digunakan dalam program. 
BufferedReader br = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
Agar kelas BufferedReader dapat dikenali oleh program, maka perlu ditambahkan nama package-nya di atas deklarasi kelas.
import java.io.BufferedReader;

contoh program:

import java.io

class ContohBuffered {
         public static void main(String[] latihan)throws IOExceptiion {
               String nama;
               //instance
               InputStreamReader isr = new InputStreamReader(System.in);
               BufferedReader br = new BufferedReader(isr);
               //input
               System.out.print(“inputkan nama:”);
               Nama = br.reradLine();
               //output
              System.out.println(“Nama =” + nama)
            }
}


B. JOption Pane

JOptionPane merupakan sebuah kelas pada Java milik package javax.swing yang dapat digunakan untuk mendapatkan input dari keyboard dengan menggunakan bantuan form (dialog box) sederhana.
Apabila JOptionPane digunakan untuk input data maka menggunakan method showInputDialog() dan apabila digunakan untuk menampilkan output program/pesan maka menggunakan method showMessageDialog().
Agar kelas JOptionPane dapat dikenali oleh program, maka perlu ditambahkan nama package-nya di atas deklarasi kelas.
import javax.swing.JOptionPane;

contoh program: 

Import javax.swing.JOptionPane;

class ContohJOption {
                Public static void main (String[]latihan)throws IOException {
                                String nama;
                                //input
                                Nama = JOptionPane.showInputDialog(“inputkan nama=”);
                                //output
                                JOptionPane.showMessageDialog(null, “Nama=” + nama);
                }
}

C. Scanner
Scanner merupakan salah satu kelas (class) pada Bahasa pemrograman Java milik package java.util yang digunakan untuk mendapatkan input dari keyboard atau mendapatkan input dari sebuah file. Untuk menggunakan kelas ini harus dilakukan instansiasi (instance) agar kelas Scanner dapat digunakan dalam program.
Scanner sc = new Scanner(System.in);

Agar kelas Scanner dapat dikenali oleh program, maka perlu ditambahkan nama package-nya di atas deklarasi kelas.
import java.util.Scanner;

contoh program:

import java.util.Scanner;
class ContohScanner {
                public static void main(String[]latihan) throws IOException {
                                String nama;
                                //instance
                                Scanner sc = new Scanner(System.in);
                                //input
                                System.out.print(“inputkan nama : ”);
                                Nama = sc.next();
                                //output
                                System.out.println(“Nama=”+nama);
                }
}

2. Screenshot Program
a. Scanner
b.JOptionPane
   INPUT

  OUTPUT
c.Buffered
3. Penghitungan
    JUMLAH



KURANG



Komentar