1.
bentuk - bentuk input dan output pada pemrograman objek (java)
A. Buffered Reader
BufferedReader merupakan salah satu kelas (class) pada Bahasa pemrograman Java milik package java.io yang digunakan untuk mendapatkan input dari keyboard sesuai dengan yang diinputkan oleh user. Untuk menggunakan kelas ini harus dilakukan instansiasi (instance) agar kelas BufferedReader dapat digunakan dalam program.
A. Buffered Reader
BufferedReader merupakan salah satu kelas (class) pada Bahasa pemrograman Java milik package java.io yang digunakan untuk mendapatkan input dari keyboard sesuai dengan yang diinputkan oleh user. Untuk menggunakan kelas ini harus dilakukan instansiasi (instance) agar kelas BufferedReader dapat digunakan dalam program.
BufferedReader br = new BufferedReader(new
InputStreamReader(System.in));
Agar kelas BufferedReader dapat dikenali oleh
program, maka perlu ditambahkan nama package-nya di atas deklarasi kelas.
import
java.io.BufferedReader;
contoh program:
contoh program:
import java.io
class ContohBuffered {
public static void main(String[] latihan)throws IOExceptiion {
String nama;
//instance
InputStreamReader isr = new
InputStreamReader(System.in);
BufferedReader br = new BufferedReader(isr);
//input
System.out.print(“inputkan nama:”);
Nama = br.reradLine();
//output
System.out.println(“Nama =” + nama)
}
}
B. JOption Pane
JOptionPane merupakan sebuah
kelas pada Java milik package javax.swing yang dapat digunakan untuk
mendapatkan input dari keyboard dengan menggunakan bantuan form (dialog box)
sederhana.
Apabila JOptionPane digunakan untuk input data maka menggunakan method showInputDialog() dan apabila digunakan untuk menampilkan output program/pesan maka menggunakan method showMessageDialog().
Agar kelas JOptionPane dapat dikenali oleh program, maka perlu ditambahkan nama package-nya di atas deklarasi kelas.
Apabila JOptionPane digunakan untuk input data maka menggunakan method showInputDialog() dan apabila digunakan untuk menampilkan output program/pesan maka menggunakan method showMessageDialog().
Agar kelas JOptionPane dapat dikenali oleh program, maka perlu ditambahkan nama package-nya di atas deklarasi kelas.
import
javax.swing.JOptionPane;
contoh program:
Import
javax.swing.JOptionPane;
class ContohJOption
{
Public static void main (String[]latihan)throws
IOException {
String nama;
//input
Nama =
JOptionPane.showInputDialog(“inputkan nama=”);
//output
JOptionPane.showMessageDialog(null,
“Nama=” + nama);
}
}
C.
Scanner
Scanner
merupakan salah satu kelas (class) pada Bahasa pemrograman Java milik package
java.util yang digunakan untuk mendapatkan input dari keyboard atau mendapatkan
input dari sebuah file. Untuk menggunakan kelas ini harus dilakukan instansiasi
(instance) agar kelas Scanner dapat digunakan dalam program.
Scanner
sc = new Scanner(System.in);
Agar
kelas Scanner dapat dikenali oleh program, maka perlu ditambahkan nama
package-nya di atas deklarasi kelas.
import
java.util.Scanner;
contoh program:
import
java.util.Scanner;
class
ContohScanner {
public static void main(String[]latihan)
throws IOException {
String nama;
//instance
Scanner sc = new
Scanner(System.in);
//input
System.out.print(“inputkan
nama : ”);
Nama =
sc.next();
//output
System.out.println(“Nama=”+nama);
}
}
a. Scanner
b.JOptionPane
INPUT
OUTPUT
c.Buffered
3. Penghitungan
JUMLAH
KURANG
Komentar
Posting Komentar